Jumat, 04 Desember 2015

SIFAT -SIFAT WANITA SHOLIHAH (1)

Pertemuan 1

 صفات المرأة الصالحة

Karya:  Ummu Abdillah bintu Asy Syaikh Muqbil al Wadi'iyyah Hafidzahallah


بسم الله الرحمن الرحيم

Muqaddimah penulis

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد الأمين، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن يكون محمد عبده ورسوله. أما بعد:
فإن أصدق  الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم، وشر الأمور محدثاتها، وكل محدثة بدعة وكل 
بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار.

Sesungguhnya Allah ta'ala menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepadaNya saja,. Sebagaimana firman Allah ta'ala:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُون


"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah kepada-Ku."

Adz Zariyat:56.

Bahkan Allah ta'ala menciptakan langit dan bumi yang keduanya lebih besar penciptaannya dari manusia. Sebagaimana nash tersebut disebutkan oleh Allah ta'ala  didalam kitab-Nya yang mulia dalam surah Ghafir:

لَخَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَكْبَرُ مِنْ خَلْقِ النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ


"Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Qs. Ghafir :57


Maka Allah ta'ala menciptakan langit dan bumi dengan tujuan untuk menegakkan agama dan syariatNya, sebagaimana firman Allah ta'ala :

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلًا ۚ ذَٰلِكَ ظَنُّ الَّذِينَ كَفَرُوا ۚ فَوَيْلٌ لِلَّذِينَ كَفَرُوا مِنَ النَّارِ


"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka."

Qs. Shod:27.

Dan firmanNya :


مَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ وَالَّذِينَ كَفَرُوا عَمَّا أُنْذِرُوا مُعْرِضُونَ


"Kami tiada menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan orang-orang yang kafir berpaling dari apa yang diperingatkan kepada mereka."

Qs. Al Ahqaf : 3

Dan firmanNya:


وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِينَ


"Dan tidaklah Kami ciptakan Iangit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dengan bermain-main."

Qs. Al anbiya:16

Dan masih banyak lagi ayat-ayat yang lainnya,yang tidaklah demikian itu kecuali untuk menjelaskan keadaan mulianya ubudiyah Allah subhanahu wata'ala.


Dan tidaklah terwujud bagi seorang mukmin dan mukminat  ibadah yang shahih serta sifat-sifat yang mulia, kecuali dengan menempuh jalan lurus, metode yang tegak, dan berpegang teguh dengan syariatNya yang mulia.


Oleh karena itu, setelah beristikharah kepada Robbku yang maha mulia, maka aku mengumpulkan sifat-sifat wanita yang shalihah yang terdapat didalam Alkitab dan Assunnah, agar dengan idzin Allah, menjadi penolong bagi diriku dan bagi wanita-wanita shalihah agar senantiasa berbekal untuk akhiratnya kelak. Dan ini juga sebagai pencegah bagi kita dari jalan bid'ah, dan yang menyelisihi syariat. Karena sesungguhnya manusia senantiasa berada dalam keshalihan atau keluar dari ketaatan kepada Allah, atau boleh jadi dia dalam keadaan kebahagiaan atau didalam kesengsaraan. 


Ya Allah, sertakanlah kami bersama orang-orang yang shalih....



Bersambung Insya Allah....



Diterjemahkan kembali dari majelis Al ustadz Askary hafidzahullah 

oleh:  Ummu Aiman Hafidzahallah, pada 08 Shofar 1437 H / 20 November 2015


Ditulis untuk grup W.A:


MAHAR ( Muslimah Belajar )

&
SALAFIYYAAT BALIKPAPAN