Jumat, 04 Desember 2015

SIFAT-SIFAT WANITA SHALIHAH (2)

Pertemuan 2

 صفات المرأة الصالحة 

Karya : Ummu Abdillah bintu Asy Syaikh Muqbil al Wadi'iyyah Hafizhahallah.


Dan sungguh Allaah ta'ala telah memberikan kemudahan berkat keutamaanNya bagiku dalam menyebutkan beberapa kalimat yang baik berupa dalil-dalil, dan aku tidak menganggap telah menyebutkan seluruh nash yang berkaitan dengan pembahasan ini.


Namun berkat anugrah dari Allah subhaanahu wa ta'ala, meskipun aku  tidak  menyebutkan secara nash, jelas, dan harfiah pada sebagian sifat-sifat tersebut, namun pada hakikatnya kitab ini telah mencakup secara isyarat dan pemahaman yang terkandung di dalam nash tersebut, karena  sebagian judul pembahasan bersifat umum, seperti:





  • berpegang teguh dengan sunnah,
  • beramal dengan ilmu,
  • peringatan dari perbuatan maksiat,
  • bersegera didalam perbuatan kebaikan,
  • peringatan dari mengikuti hawa nafsu,
  • menetapi golongan yang selamat,
  • ketakwaan,
  • beradab dengan adab-adab yang syar i,
  • dan yang selainnya.



Bersama dengan itu pula, di dalam cetakan yang akan datang InsyaAllah, akan ada tambahan-tambahan dengan daya dan kekuatan dariNya.



Dan tidak tersamarkan bagi kebanyakan orang, apa yang menjadi tujuan musuh-musuh Allah, dan orang-orang yang tertipu, sepanjang masa dari sikap menggembosi  manusia dari perbuatan kebaikan dan menampakkan diri seolah-olah memiliki sifat orang-orang yang shalih. 

Dan mengajak untuk merusak para wanita serta menghalangi mereka dari meraih keselamatan dari segala perkara yang buruk dan di benci di dalam syariat.


Dan hal ini banyak yang menyebar diantara kalangan wanita, karena kurangnya akal dan agamanya.



Dan lebih bertambah parah lagi mereka bersemangat menjadikan teman-teman yang fasik dalam hal tersebut sebagai teman duduk.



Dan juga banyaknya kelalaian dari para wali kepada keluarganya dan (lalai pula-pent) penjagaannya terhadap mereka. 

Hingga jadilah para wanita tersebut sebagai sebab kerusakan dan kehancuran.


Maka semoga Robb- ku memberikan manfaat untuk wanita-wanita yang lalai yang masih terlena, dengan sifat-sifat ini, yang diambil dari kitab Allah dan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam,



sebagaimana aku berharap dari Robb ku untuk senantiasa memberikan manfaat kepadaku dan seluruh saudara-saudaraku yang shalihah.



Dan Allahlah tempat meminta pertolongan dan kepadaNya kita bertawakkal,dan  tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah. 



...والحمد لله رب العالمين



Maka tiba masanya memasuki inti pembahasan kita, dan memulai berdasarkan apa yang kami inginkan, dan kepada Allah kita bertawakkal.



Dan aku memulainya InsyaAllah  dengan menjelaskan pengertian "shalih" dan keutamaan orang-orang yang shalih, serta sedikitnya jumlah mereka, dan yang selainnya, sebelum kita masuk ke pembahasan tentang Sifat-sifat (wanita shalihah-pent).



Dan Allah lah yang memberi taufik. 



Ditulis oleh:

Ummu Abdillah bintu Asy syaikh Muqbil  al wadi'iy. 
15 Ramadhan 1432 H. 


DEFINISI "SHALIH", DAN SIAPAKAH  LELAKI YANG SHALIH?, DAN SIAPA WANITA YANG SHALIHAH ITU?



Bersambung InsyaAllah...



Diterjemahkan kembali dari majelis Al Ustadz Asykari hafizhahullah.

Oleh Ummu Aiman Hafizhahallah,  pada 18 Shofar 1437 H/ 30 November 2015 M.



Ditulis untuk group:



WA MAHAR (Muslimah Belajar)

&
SALAFIYYAT BALIKPAPAN