Sabtu, 09 Januari 2016

Untaian Mutiara Hikmah Penyejuk Jiwa (1)


Tercelanya Berlomba-Lomba/ Bersaing dalam Urusan Dunia




Berkata Al Hasan Al Bashri rahimahullah:
Wahai anak Adam, apabila engkau lihat manusia dalam kebaikan maka unggulilah mereka (dalam hal tersebut). Namun apabila engkau lihat mereka dalam kebinasaan maka hindarkan dirimu dari mereka, karena mereka tidak memilih kebaikan untuk diri mereka. Sungguh kami melihat beberapa kaum yang mereka lebih mengedepankan dunia mereka atas akhirat mereka, maka mereka hina, binasa dan terbongkar keburukan mereka.


Beliau juga berkata: Barangsiapa yang mengajak engkau berlomba dalam urusan dien-mu maka berlombalah engkau bersamanya. Namun barangsiapa yang mengunggulimu dalam urusan duniamu, maka campakkanlah (dunia itu) di lehernya.

Beliau juga berkata: Apabila engkau melihat manusia mengunggulimu dalam urusan dunia, maka unggulilah mereka dalam urusan akhirat. Karena dunia itu akan lenyap, sedangkan akhirat tetap kekal

๐Ÿ“šMawa'izh Al Imam Al Hasan Al Bashri jilid 1

✒Alih bahasa:
Al Ustadz Abdul Aziz -ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡-

====================

# ู…ูŠู€ู€ู€ู€ู€ุฏุงู† ุงู„ู…ู†ู€ู€ู€ู€ุงูุณุฉ.....

ู‚ุงู„ ุงู„ุญุณู†: ูŠุง ุงุจู† ุขุฏู…، ุฅุฐุง ุฑุฃูŠุช ุงู„ู†ุงุณ ููŠ ุฎูŠุฑ ูู†ุงูุณู‡ู…، ูˆุฅุฐุง ุฑุฃูŠุชู‡ู… ููŠ ู‡ู„ูƒุฉ ูุฐุฑู‡ู… ูˆู…ุง ุงุฎุชุงุฑูˆุง ู„ุฃู†ูุณู‡ู….
ู‚ุฏ ุฑุฃูŠู†ุง ุฃู‚ูˆุงู…ุงً ุขุซุฑูˆุง ุนุงุฌู„ุชู‡ู… ุนู„ู‰ ุนุงู‚ุจุชู‡ู… ูุฐู„ูˆุง ูˆู‡ู„ูƒูˆุง ูˆุงูุชุถุญูˆุง.

ูˆู‚ุงู„: ู…ู† ู†ุงูุณูƒ ููŠ ุฏูŠู†ูƒ ูู†ุงูุณู‡، ูˆู…ู† ู†ุงูุณูƒ ููŠ ุฏู†ูŠุงูƒ ูุฃู„ู‚ู‡ุง ููŠ ู†ุญุฑู‡.

ูˆู‚ุงู„: ุฅุฐุง ุฑุฃูŠุช ุงู„ู†ุงุณ ูŠุชู†ุงูุณูˆู† ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง، ูู†ุงูุณู‡ู… ููŠ ุงู„ุขุฎุฑุฉ، ูุฅู†ู‡ุง ุชุฐู‡ุจ ุฏู†ูŠุงู‡ู…، ูˆุชุจู‚ู‰ ุงู„ุขุฎุฑุฉ

ู…ูˆุงุนุธ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุญุณู† ุงู„ุจุตุฑูŠ(ุงู„ุฌุฒุก ุงู„ุฃูˆู„)