Minggu, 10 Januari 2016

HAKIKAT PENAMAAN AL JANNAH



Berkata Ibnul Qayyim Rahimahullah ta'ala:

"Al Jannah (surga) itu bukanlah suatu penamaan yang hanya mencangkup pepohonan, buah-buahan, makanan, minuman, bidadari, sungai dan istana semata.

Dan kebanyakan orang, mereka salah dalam memahami yang namanya jannah. Karena sesungguhnya jannah adalah penamaan untuk negeri kenikmatan yang sempurna secara mutlak.


Dan diantara kenikmatan jannah yang paling besar adalah kenikmatan memandang wajah Allah Yang Mulia dan mendengarkan kalam-NYA dan sejuknya pandangan mendekatkan (diri) kepada-NYA serta mendapatkan keridhaan-Nya, sehingga bukanlah sekedar menyandarkan kelezatan yang ada didalamnya berupa makanan, minuman, pakaian, dan berbagai bentuk kelezatan yang abadi".

Sumber:  Madariju As Salikin juz 2 hlm. 80

✒Alih bahasa: 
Ummu Aliifah Layla

๐Ÿ“Telah dikoreksi oleh
Al Ustadz Abdul Aziz As Samarindy  -ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡-  melalui zaujatuhu Ummu Abdirrohim 

=====================
ู‚ุงู„ ุงุจู† ุงู„ู‚ูŠู… -ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰- :

"ุงู„ุฌู†ุฉ ู„ูŠุณุช ุงุณู…ุงً ู„ู…ุฌุฑุฏ ุงู„ุฃุดุฌุงุฑ ูˆุงู„ููˆุงูƒู‡ ูˆุงู„ุทุนุงู… ูˆุงู„ุดุฑุงุจ ูˆุงู„ุญูˆุฑ ุงู„ุนูŠู† ูˆุงู„ุฃู†ู‡ุงุฑ ูˆุงู„ู‚ุตูˆุฑ، ูˆุฃูƒุซุฑ ุงู„ู†ุงุณ ูŠุบู„ุทูˆู† ููŠ ู…ุณู…ู‰ ุงู„ุฌู†ุฉ؛ ูุฅู† ุงู„ุฌู†ุฉ ุงุณู… ู„ุฏุงุฑ ุงู„ู†ุนูŠู… ุงู„ู…ุทู„ู‚ ุงู„ูƒุงู…ู„، ูˆู…ู† ุฃุนุธู… ู†ุนูŠู… ุงู„ุฌู†ุฉ : ุงู„ุชู…ุชุน ุจุงู„ู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ูˆุฌู‡ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ูƒุฑูŠู… ูˆุณู…ุงุน ูƒู„ุงู…ู‡ ูˆู‚ุฑุฉ ุงู„ุนูŠู† ุจุงู„ู‚ุฑุจ ู…ู†ู‡ ูˆุจุฑุถูˆุงู†ู‡ ูู„ุง ู†ุณุจุฉ ู„ู„ุฐุฉ ู…ุง ููŠู‡ุง ู…ู† ุงู„ู…ุฃูƒูˆู„ ูˆุงู„ู…ุดุฑูˆุจ ูˆุงู„ู…ู„ุจูˆุณ ูˆุงู„ุตูˆุฑ ุฅู„ู‰ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ุฐุฉ ุฃุจุฏุง".

[ู…ุฏุงุฑุฌ ุงู„ุณุงู„ูƒูŠู† (80/2)]