Sabtu, 05 Maret 2016

SIFAT-SIFAT WANITA SHALIHAH (12)

๐ŸŽ€ Pertemuan ke-12 ๐ŸŽ€

๐Ÿ“™ ุตูุงุช ุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุงู„ุตุงุญู„ุฉ ๐Ÿ“™
✏ Karya : Ummu Abdillah bintu Asy Syaikh Muqbil Al Wadi'iyyah hafizhahallah.


๐ŸŒด ุจู€ู€ู€ู€ุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญู…ู† ๐ŸŒด

๐Ÿ““✏Dengan ilmu, akan menguatkan hujjah, dan cukuplah dengan itu sebagai suatu keutamaan.
Allah azza wa jalla berfirman di dalam Alquran yang mulia, tentang kisah burung hud-hud, ketika dia menyampaikan kepada Nabi Sulaiman alaihi salam:

{{ ูَู‚َุงู„َ ุฃَุญَุทْุชُ ุจِู…َุง ู„َู…ْ ุชُุญِุทْ ุจِู‡ِ ูˆَุฌِุฆْุชُูƒَ ู…ِู†ْ ุณَุจَุฅٍ ุจِู†َุจَุฅٍ ูŠَู‚ِูŠู†ٍ }}

"Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini."
Qs. (An Naml: 22)๐Ÿ““✏


๐ŸŽ’๐Ÿ“ŒIlmu...,dengannya Allah ta'ala memerintahkan kepada nabinya Muhammad shallallahu alaihi wasallam, untuk meminta tambahan dari-Nya. Allah ta ala berfirman:

{{ ูˆَู‚ُู„ْ ุฑَุจِّ ุฒِุฏْู†ِูŠ ุนِู„ْู…ًุง }}

"Dan katakanlah: "Wahai Rabbku, tambahkanlah bagiku ilmu". 
Qs.(Thaha: 114) ๐ŸŽ’๐Ÿ“Œ


๐Ÿ“™๐Ÿ“Maka (permintaan tambahan berupa ilmu-pent) ini menunjukkan kemuliaan ilmu.

๐Ÿ“šBerkata Al hafidz Ibnu Hajar di dalam kitab Fathul bari, pada penjelasan di awal bab di dalam kitabul ilmi, pada firman Allah ta ala:
{{ ูˆَู‚ُู„ْ ุฑَุจِّ ุฒِุฏْู†ِูŠ ุนِู„ْู…ًุง }}

"Dan katakanlah: "Wahai Rabbku, tambahkanlah bagiku ilmu". 
➡Hal ini sangat jelas menunjukkan akan keutamaan ilmu. Karena Allah ta'ala tidak memerintahkan kepada nabi-Nya shallallahu alaihi wasallam meminta tambahan dari sesuatu, kecuali dengan meminta tambahan berupa ilmu.-selesai-๐Ÿ“๐Ÿ“™


๐Ÿ“˜๐Ÿš€ Ilmu, merupakan jalan menuju al jannah, sebagaimana disebutkan di dalam Shahih Muslim, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,

((ู…َู†ْ ุณَู„َูƒَ ุทَุฑِูŠْู‚ًุง ูŠَู„ْุชَู…ِุณُ ูِูŠْู‡ِ ุนِู„ْู…ًุง ุณَู‡َّู„َ ุงู„ู„ู‡ُ ู„َู‡ُ ุทَุฑِูŠْู‚ًุง ุฅَู„َู‰ ุงู„ْุฌَู†َّุฉ))ِ

"Barangsiapa menempuh jalan dalam rangka menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga."๐Ÿ“˜๐Ÿš€


๐Ÿ“š Hal ini mencakup :

✈ Melakukan perjalanan untuk menuntut ilmu,
๐Ÿ“– Mengulang-ulangi pelajaran,
๐Ÿ’ก Menghafal,
 ⏰ Membahas,
๐Ÿ’ป Dan membuat sebuah karya tulis.


๐Ÿ“”๐Ÿ”จ Dengan ilmu, akan menumbuhkan rasa amarah bagi para musuh dari kalangan syaitan, jin dan manusia. Karena ilmu adalah ibadah.

๐ŸŽ“Berkata Al walid rahimahullah:
Hal yang besar yang menumbuhkan kemarahan para syaitan adalah ILMU.

๐ŸŽ“ Berkata Ibnul Wardi rahimahullah pada kitab Lamiyah beliau:

ููŠ ุงุฒุฏูŠุงุฏ ุงู„ุนู„ู… ุฅุฑุบุงู… ุงู„ุนุฏู‰ 
ูˆุฌู…ุงู„ ุงู„ุนู„ู… ุฅุตู„ุงุญ ุงู„ุนู…ู„

"Dengan bertambahnya ilmu akan menyebabkan kemarahan musuh,
Dan keindahan ilmu akan memperbaiki amalan."

====๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
(Disebut kitab ini dengan "Lamiyah" karena seluruh bait syairnya yang berakhiran dengan huruf lam. Sebagaimana kitab "Annuniyah" yang disusun oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, yang bait syairnya seluruhnya diakhiri dengan huruf nun.-pent). ๐Ÿ“”

===๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
๐Ÿ“›๐Ÿ”ฅMenumbuhkan rasa marah kepada para musuh adalah dianjurkan di dalam syariat. Allah ta'ala berfirman :

{{ ูˆَู„َุง ูŠَุทَุฆُูˆู†َ ู…َูˆْุทِุฆًุง ูŠَุบِูŠุธُ ุงู„ْูƒُูَّุงุฑَ ูˆَู„َุง ูŠَู†َุงู„ُูˆู†َ ู…ِู†ْ ุนَุฏُูˆٍّ ู†َูŠْู„ًุง ุฅِู„َّุง ูƒُุชِุจَ ู„َู‡ُู…ْ ุจِู‡ِ ุนَู…َู„ٌ ุตَุงู„ِุญٌ ۚ ุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„َุง ูŠُุถِูŠุนُ ุฃَุฌْุฑَ ุงู„ْู…ُุญْุณِู†ِูŠู† }}َ

"...dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan sesuatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan yang demikian itu suatu amal saleh. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik," 
Qs.(At Taubah: 120)๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’Ž


๐Ÿƒ๐ŸŒบDengan ilmu, akan menumbuhkan ketenangan, kewibawaan, dan rasa pengagungan terhadap apa-apa yang dengannya Allah ta'ala memuliakannya. Akan melahirkan pula rasa khusyuk, kebaikan, dan keshalihan, serta kekokohan di atas alhaq.

๐ŸŒพDengan ilmu pula,akan menumbuhkan ketaatan kepada Allah ta'ala berdasarkan dalil. Maka dengannya, dia akan menjalankan apa-apa yang diperintahkan oleh Rabb nya, dan berhenti dari apa-apa yang dilarang darinya.

๐ŸŒนDengan ilmu,akan membuahkan rasa sayang, persaudaraan, dan kecemburuan terhadap agama Allah azza wa jalla. ๐ŸŒบ๐Ÿƒ



〰〰〰〰๐Ÿƒ๐ŸŒพ๐ŸŒป๐ŸŒพ๐Ÿƒ〰〰〰〰

Bersambung,insya Allah ta'ala.....


๐Ÿ“– Diterjemahkan kembali dari majlis Al Ustadz Asykari hafizhahullah, oleh Ummu Aiman hafizhahallah pada Jum'at 10 Jumadil Uula 1337 H/ 19 Februari 2016 M.


๐Ÿ“ Di tulis untuk group WA :
๐ŸŒบ MAHAR (Muslimah Belajar) ๐ŸŒบ.
◼ SALAFIYYAT BALIKPAPAN ◼