Rabu, 26 Juli 2017

๐Ÿ’๐Ÿ’ญ❕ NASEHAT BAGI ORANG TUA UNTUK SEMANGAT DALAM MENDIDIK ANAK




❔Pertanyaan : Wahai Fadhilatusy Syaikh, sebagian orang mengatakan : Sesungguhnya termasuk sebab lemahnya tingkat pelajaran seorang penuntut ilmu dan agama adalah sikap orang tua yang menelantarkan anaknya, mereka sibuk dengan urusan pribadi mereka, dan tidak mengikuti perkembangan anaknya. Maka apa nasehat dari engkau wahai syaikh untuk para wali santri/orang tua?


✍Dijawab oleh Asy Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Baaz ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ :

๐Ÿ”Š"Tidak diragukan lagi, bahwa sikap para orang tua yang menelantarkan anak-anaknya dan tidak memberikan semangat (motivasi) untuk menuntut ilmu kepada mereka termasuk sebab yang mengantarkan kepada kelemahan mereka. Maka yang wajib bagi para ayah, ibu, dan kakaknya adalah membantu mereka untuk memahami ilmu agama,  belajar, serius dalam menuntut ilmu, dan membantu mereka untuk menjaga waktu-waktu pelajarannya.

๐Ÿ“ŒInilah yang wajib atas mereka (seorang wali) , adapun bermudah-mudahan dan tidak menghiraukan terhadap urusan (pelajaran) mereka, maka ini sebab kegagalan, sedikitnya ilmu, dan kemalasan mereka.

๐Ÿ“ŽWajib bagi mereka, untuk mendidik anak-anak yang tertinggal dan bermalas-malasan (dalam belajarnya). Dan wajib bagi mereka (wali), untuk serius dalam permasalahan ini, memberikan semangat kepada mereka agar bersungguh-sungguh, bersemangat, tekun terhadap pelajaran-pelajaran yang ada, menjaga waktu pelajaran, menjaga waktu shalat, baik shalat fajar ataupun yang lainnya. Inilah kewajiban kita semua.

✔Kami memohon kepada Allah untuk memberikan taufiqnya kepada kaum muslimin, agar dapat menunaikan kewajiban mereka terhadap anak-anak mereka dan selain (anak-anak) mereka. Sesungguhnya Dialah Sebaik-baik tempat meminta dan Sedekat-dekat Dzat Yang menjawab (doa).

ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ، ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู….

๐Ÿ“šsumber: http://www.binbaz.org.sa/fatawa/1956



ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุดูŠุฎ: ูŠู‚ูˆู„ ุงู„ุจุนุถ: ุฅู† ู…ู† ุฃุณุจุงุจ ุถุนู ู…ุณุชูˆู‰ ุงู„ุทุงู„ุจ ุงู„ุฏูŠู†ูŠ ูˆุงู„ุนู„ู…ูŠ ุฅู‡ู…ุงู„ ุงู„ุขุจุงุก ู„ุฃุจู†ุงุฆู‡ู… ูˆุงู‡ุชู…ุงู…ู‡ู… ุจู…ุดุงุฑูŠุนู‡ู… ุงู„ุฎุงุตุฉ ูˆุนุฏู… ู…ุชุงุจุนุชู‡ู…، ูู‡ู„ ู…ู† ู†ุตูŠุญุฉ ู…ู† ูุถูŠู„ุชูƒู… ู„ู‡ุคู„ุงุก ุงู„ุฃูˆู„ูŠุงุก؟

ู„ุง ุดูƒ ุฃู† ุฅู‡ู…ุงู„ ุงู„ุขุจุงุก ูˆุงู„ุฃู…ู‡ุงุช ู„ุฃูˆู„ุงุฏู‡ู… ูˆุนุฏู… ุชุดุฌูŠุนู‡ู… ุนู„ู‰ ุทู„ุจ ุงู„ุนู„ู… ู…ู† ุงู„ุฃุณุจุงุจ ุงู„ู…ุคุฏูŠุฉ ุฅู„ู‰ ุถุนูู‡ู…، ูˆุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุขุจุงุก ูˆุงู„ุฃู…ู‡ุงุช ูˆุงู„ุฅุฎูˆุฉ ุงู„ูƒุจุงุฑ ุฃู† ูŠูƒูˆู†ูˆุง ุนูˆู†ุงً ู„ุฃูˆู„ุงุฏู‡ู… ุนู„ู‰ ุงู„ุชูู‚ู‡ ููŠ ุงู„ุฏูŠู†، ูˆุงู„ุชุนู„ู…، ูˆุงู„ุนู†ุงูŠุฉ ุจุทู„ุจ ุงู„ุนู„ู…، ูˆุงู„ู…ุญุงูุธุฉ ุนู„ู‰ ุฃูˆู‚ุงุช ุงู„ุฏุฑุงุณุฉ، ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ูŠู‡ู…، ูˆุฃู…ุง ุฅู‡ู…ุงู„ู‡ู… ูˆุงู„ุชุณุงู‡ู„ ู…ุนู‡ู… ูู‡ูˆ ู…ู† ุฃุณุจุงุจ ูุดู„ู‡ู…، ูˆู…ู† ุฃุณุจุงุจ ู‚ู„ุฉ ุนู„ู…ู‡ู…، ูˆู…ู† ุฃุณุจุงุจ ุชูƒุงุณู„ู‡ู…، ูุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุขุจุงุก ูˆุงู„ุฃู…ู‡ุงุช ูˆุงู„ุฅุฎูˆุฉ ุงู„ูƒุจุงุฑ ุฃู† ูŠุคุฏุจูˆุง ู…ู† ูŠุชุฎู„ู ูˆูŠุชุณุงู‡ู„، ูˆุฃู† ูŠุนุชู†ูˆุง ุจู‡ุฐุง ุงู„ุฃู…ุฑ، ูˆุฃู† ูŠุดุฌุนูˆุง ุงู„ุฃูˆู„ุงุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌุฏ ูˆุงู„ู†ุดุงุท، ูˆุงู„ู…ูˆุงุธุจุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุฏุฑูˆุณ، ูˆุงู„ู…ุญุงูุธุฉ ุนู„ู‰ ุฃูˆู‚ุงุช ุงู„ุฏุฑุงุณุฉ، ูˆุงู„ู…ุญุงูุธุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ูˆุบูŠุฑู‡ุง، ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู…ูŠุน. ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠูˆูู‚ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ู„ุฃุฏุงุก ู…ุง ูŠุฌุจ ุนู„ูŠู‡ู… ู„ุฃูˆู„ุงุฏู‡ู… ูˆุบูŠุฑู‡ู…، ุฅู†ู‡ ุฎูŠุฑ ู…ุณุฆูˆู„ ูˆุฃู‚ุฑุจ ู…ุฌูŠุจ، ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ، ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู….

http://www.binbaz.org.sa/fatawa/1956

๐Ÿ“ฎ WhatsApp SaLaM || Salafy Makassar
Mempererat Ukhuwah dengan Salam

๐Ÿ”ต *Channel Telegram* https://t.me/salafymakassar

๐Ÿ–ฅ  *Website* http://salafymakassar.net

__________________________
_Turut menyebarkan :_
◾SALAFIYYAAT BALIKPAPAN◾
๐Ÿ’ป http://salafiyyaatbpp.blogspot.com

๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ